Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula dengan Menggunakan Media Flash Card di Kelas II MIN Anoi Itam Sabang

Nisra, 170209136 (2021) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula dengan Menggunakan Media Flash Card di Kelas II MIN Anoi Itam Sabang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula dengan Menggunakan Media Flash Card di Kelas II MIN Anoi Itam Sabang] Text (Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula dengan Menggunakan Media Flash Card di Kelas II MIN Anoi Itam Sabang)
SKRIPSI NISRA (170209136).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca pemula siswa pada kelas rendah adalah dengan menggunakan media yang menarik. Maka cara yang tepat untuk mengajak anak belajar adalah belajar sambil bermain. Dengan media flash card siswa bisa belajar sambil bermain jadi suasana belajar anak itu lebih menyenangkan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan media Flash card dan bagaimana kemampuan membaca pemula siswa kelas II MIN Anoi Itam setelah belajar menggunakan media Flash card. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan keterampilan membaca pemula siswa kelas II MIN Anoi Itam Sabang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas II MIN Anoi Itam Sabang yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan juga lembar tes membaca siswa. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,2 dengan kategori cukup. Dan pada siklus II meningkat menjadi 3,73 dengan kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 3,0 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II mencapai 3,69 dengan kategori sangat baik. Pada hasil tes membaca pemula siswa siklus I mencapai 69,04% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 98,31% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca pemula siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisra Nisra
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:51
Last Modified: 29 Jan 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35139

Actions (login required)

View Item
View Item