Pengelolaan Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Penguatan Hafalan Al-Quran Mahasiswa Di Yayasan Ruhama Tanjung Selamat Aceh Besar

Rini Anggriani, 180206085 (2024) Pengelolaan Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Penguatan Hafalan Al-Quran Mahasiswa Di Yayasan Ruhama Tanjung Selamat Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Penguatan Hafalan Al-Quran Mahasiswa Di Yayasan Ruhama Tanjung Selamat Aceh Besar] Text (Pengelolaan Lembaga Pendidikan Nonformal Dalam Penguatan Hafalan Al-Quran Mahasiswa Di Yayasan Ruhama Tanjung Selamat Aceh Besar)
Rini Anggriani, 180206085, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mendeskripsikan pengelolaan lembaga pendidikan nonformal dalam penguatan hafalan mahasiswa di Yayasan Ruhama Tanjung Selamat Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dekriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Yayasan Ruhama Gampong Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi terhadap kegiatan Mahasantri/wati Yayasan Ruhama, wawacara dengan satu orang pembina, satu orang ketua, dua orang ustaz dan ustazah serta lima orang mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan Yayasan Ruhama dalam penguatan hafalan Al-Quran Mahasiswa secara keseluruhan telah berjalan dengan baik. Perencanaan yayasan dalam penguatan hafalan Al-Quran Mahasiswa yaitu: (a) menentukan tujuan program; (b) merumuskan keadaan; (c) mengidentifikasi kemudahan dan hambatan; (d) mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan. Pelaksanaan yayasan Ruhama dalam penguatan hafalan Al-Quran mahasiswa: (a) pemberian motivasi; (b) bimbingan dengan pembinaan spiritual; (c) koordinasi antar pengurus; (d) komunikasi; (e) pengembangan dan peningkatan pelaksanaan. Adapun kendala dalam proses pelaksanaan penguatan hafalan Al-Quran mahasiswa di Yayasan Ruhama adalah berasal dari internal yaitu pribadi beberapa mahasantri/wati itu sendiri, yaitu: 1) seringnya meminta izin untuk tidak setoran; 2) datangnya rasa malas dari diri mahasantri/wati; 3) serta tidak bisa mengatur waktu, sehingga tidak dapat mencapai target hafalan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rini Anggriani
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:05
Last Modified: 29 Jan 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35140

Actions (login required)

View Item
View Item