Pemanfaatan Instagram Official @Uin_Arraniry_Official Dalam Meningkatkan Citra Kampus Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Putri Nabila, 190401081 (2024) Pemanfaatan Instagram Official @Uin_Arraniry_Official Dalam Meningkatkan Citra Kampus Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of pemanfaatan instagram official @uin_arraniry_official dalam meningkatkan citra kampus] Text (pemanfaatan instagram official @uin_arraniry_official dalam meningkatkan citra kampus)
Skripsi PUTRI NABILA (R11) fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

Media sosial menjadi fasilitas untuk membangun hubungan dengan audiens secara langsung. Salah satu media sosial yang sering digunakan untuk kegiatan kehumasan adalah instagram. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry adalah salah satu institusi perguruan tinggi yang menggunakan instagram dalam kegiatan penyebaran informasi. UIN Ar-Raniry menggunakan instagram @uin_arraniry_official sebagai bentuk upaya menjaga citra kampus melalui media sosial. Namun akun tersebut belum dikelola dengan baik dan tidak dikelola oleh humas sepenuhnya. Hal tersebut dapat diketahui dari aktivitas pengelolaan instagram yang masih belum memenuhi aspek-aspek fungsi dan pengelolaan media sosial untuk kegiatan kehumasan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram official @uin_arraniry_official dalam meningkatkan citra kampus Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan teori kesempurnaan media (Media Richness Theory). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instagram official @uin_arraniry_official dalam melakukan pemanfaatan untuk meningkatkan citra kampus Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dari aspek fungsi fungsi sebagai identitas, komunikasi, branding, marketing dan tempat bisnis. Instagram @uin_arraniry_official melakukan pemanfaatannya dalam tiga aspek saja yaitu identitas yang diletakkan pada profil, mengkomunikasikan setiap informasi melalui feed, reels, story dan hastag dan juga membranding diri dengan merespon secara positif setiap pesan yang masuk, melakukan kolaborasi dengan mahasiswa dan alumni serta menyajikan informasi yang dibutuhkan publik internal dan eksternal kampus.

Kata Kunci : Instagram, Kekayaan Media, UIN Ar-Raniry

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 050 Magazines, Journals & Serials
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Nabila
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:18
Last Modified: 29 Jan 2024 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35142

Actions (login required)

View Item
View Item