Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Pada Baitul Misykat Cabang Lambaro Kabupaten Aceh Besar)

Muhammad Hidayatullah, 180603262 (2024) Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Pada Baitul Misykat Cabang Lambaro Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Pada Baitul Misykat Cabang Lambaro Kabupaten Aceh Besar)] Text (Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Pada Baitul Misykat Cabang Lambaro Kabupaten Aceh Besar))
Muhammad Hidayatullah, 180603262, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Hadirnya Lembaga keuangan mikro syariah memberikan dampak yang baik bagi pemberdayaan usaha mikro kecil menengah pedagang Baitul Misykat Lambaro Aceh Besar. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peran Baitul Misykat cabang Lambaro terhadap pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta kendala yang dihadapi LKMS dalam pemberdayaan UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Baitul Misykat cabang Lambaro terhadap pemberdayaan UMKM sudah sangat bagus, peran yang dilakukan dalam memperkenalkan atau mempromosikan lembaga koperasi syariah Baitul Misykat dengan program pemberian pinjaman melalui analisis langsung kepada pasar untuk ditemukan kondisi pasar yang sesungguhnya. Namun, dalam menjalankan peran, LKMS mengalami beberapa kendala yang pertama adalah Modal yang terbatas, dan yang kedua Kendala Ruang Lingkup yang kecil, Lembaga keuangan mikro syariah mempunyai ruang lingkup yang kecil yang tidak bisa menjangkau ke daerah-daerah lain hanya daerah-daerah tertentu saja yang bisa ditangani. Berdasarkan hasil wawancara, disimpulkan bahwa peran Baitul misykat sangat bermanfaat dalam membantu pemberdayaan UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Baitul Misykat, Peran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Hidayatullah
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:05
Last Modified: 29 Jan 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35143

Actions (login required)

View Item
View Item