Tinjauan Hukum Terhadap Hak Dan Perlindungan Perawat Wanita Dengan Shift Malam Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kota Banda Aceh (Ditinjau Menurut Pasal 57 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan)

Muhammad Faris Haekal, 190106128 (2024) Tinjauan Hukum Terhadap Hak Dan Perlindungan Perawat Wanita Dengan Shift Malam Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kota Banda Aceh (Ditinjau Menurut Pasal 57 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Tinjauan Hukum Terhadap Hak Dan Perlindungan Perawat Wanita Dengan Shift Malam Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kota Banda Aceh (Ditinjau Menurut Pasal 57 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan)] Text (Tinjauan Hukum Terhadap Hak Dan Perlindungan Perawat Wanita Dengan Shift Malam Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kota Banda Aceh (Ditinjau Menurut Pasal 57 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan))
Muhammad Faris Haekal, 190106128, FSH, IH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pada rumah sakit umumnya terdapat pekerjaan yang mengharuskan perawat melakukan pekerjaan 24 jam dengan sistem bergantian jam tugas atau yang sering kita ketahui dengan sebutan shift. Diantara pekerjaan tersebut banyak terdapat wanita yang menjadi perawat, sehingga banyak risiko yang di dapatkan oleh perawat wanita tersebut dan rentan hak-haknya tidak terpenuhi. Sudah seharusnya rumah sakit memberikan jaminan perlindungan serta hak-hak kepada perawat wanita seperti yang telah diatur dalam Pasal 57 Undang-Undang No.36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini pertama, bagaimana implementasi Pasal 57 Undang-Undang No.36 Tahun 2014 terhadap perawat wanita di lingkungan Rumah Sakit Ibu dan Anak Kota Banda Aceh, kedua, apa faktor-faktor penghambat dalam penerapan pasal 57 Undang-Undang No 36 Tahun 2014 terhadap perawat wanita di lingkungan Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian yuridis empiris, menggunakan fakta-fakta lapangan yang diambil dari perilaku manusia, baik dari perilaku verbal, serta wawancara melalui pengamatan langsung di lapangan. Adapun hasil penelitian ini terdapat beberapa hak-hak perawat wanita yang belum sesuai, pada saat penelitian dilakukan, sudah tiga bulan upah khusus atau remunerasi sudah ditiadakan, dan pernah terjadinya demo yang dilakukan oleh perawat rumah sakit maupun pegawai non perawat yang disebabkan oleh keterlambatan pengamprahan remunerasi tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah beberapa implementasi dari pasal 57 Undang-Undang No 36 Tahun 2014 di Rumah Sakit Ibu Dan Anak dalam bentuk perlindungan keamanan terhadap perawat wanita sudah sesuai, namun faktor penghambat terdapat pada hak upah khusus yang sudah ditiadakan bagi perawat wanita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Muhammad Faris Haekal
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:11
Last Modified: 29 Jan 2024 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35144

Actions (login required)

View Item
View Item