Peran Pembiayaan Bank Syariah Dalam Meningkatkan Usaha Mikro (Studi Pada Bank Aceh Syariah KCP Lam Ateuk Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar)

M. Arifin, 190603081 (2023) Peran Pembiayaan Bank Syariah Dalam Meningkatkan Usaha Mikro (Studi Pada Bank Aceh Syariah KCP Lam Ateuk Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembiayaan Mikro] Text (Pembiayaan Mikro)
M. Arifin, 190603081, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu komponen pelaku usaha yang mempunyai kesulitan dalam permodalan. Untuk mendukung pertumbuhan UMKM dibutuhkan lembaga pembiayaan dan salah satu alternatif pembiayaan yang dapat dipilih yaitu pembiayaan mikro dari Bank Aceh syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pembiayaan bank syariah dalam meningkatkan usaha mikro serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh pihak Bank Aceh Syariah KCP Lam Ateuk Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi narasumber adalah pelaku usaha mikro sebanyak tujuh orang dan staf pembiayaan Bank Aceh Syariah KCP Lam Ateuk sebanyak satu orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pembiayaan Bank Syariah dalam meningkatkan usaha mikro pada Bank Aceh Syariah KCP Lam Ateuk Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar berdampak positif dengan menggunakan beberapa indikator yaitu pembiayaan dalam bentuk permodalan, memberika edukasi dan pelatihan, serta pengawasan. Hal ini membuktikan dengan meningkatnya sumber pendapatan dan berkembangnya usaha pelaku UMKM

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: M. Arifin Arifin
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:06
Last Modified: 29 Jan 2024 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35145

Actions (login required)

View Item
View Item