Efektvitas Peran Bahagian Sokongan Keluarga Dalam Penuntutan Nafkah Anak Pasca Perceraian Periode 2020 -2022 (Studi Di Mahkamah Tinggi

Amjad Irfani Bin Arpan, 170101093 (2024) Efektvitas Peran Bahagian Sokongan Keluarga Dalam Penuntutan Nafkah Anak Pasca Perceraian Periode 2020 -2022 (Studi Di Mahkamah Tinggi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Efektvitas Peran Bahagian Sokongan Keluarga Dalam Penuntutan Nafkah Anak Pasca Perceraian Periode 2020 -2022 (Studi Di Mahkamah Tinggi] Text (Efektvitas Peran Bahagian Sokongan Keluarga Dalam Penuntutan Nafkah Anak Pasca Perceraian Periode 2020 -2022 (Studi Di Mahkamah Tinggi)
Amjad Irfani Bin Arpan, 170101093, FSH, HK .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Nafkah merupakan hak anak yang perlu dilaksanakan oleh ayah. Kewajiban menafkahi telah termaktub di dalam Al-Quran bagi seorang perlu menyediakan nafkah buat anaknya baik dalam ikatan perkawinan maupun setelah terjadinya perceraian. Namun, akhir-akhir ini, banyak kasus yang melibatkan perilaku ayah yang mengabaikan nafkah anak pasca perceraian. Bahagian Sokongan Keluarga (BSK) merupakan pihak berwenang yang mampu mengatasi segala permasalahan berkaitan dengan pemberian nafkah. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana peran BSK dalam menjamin terpenuhinya nafkah isteri pasca perceraian dan bagaimana efektifitas BSK terhadap masalah penegakan nafkah isteri pasca perceraian. Untuk memperoleh jawabannya, maka dalam skripsi ini penulis menggunakan penelitian yuridis empiris yaitu kajian lapangan (field research) dan penelitian yuridis normatif yaitu kajian kepustakaan (library research). Adapun Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan telah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSK memainkan peran dalam masalah pemenuhan nafkah isteri pasca perceraian secara efektif. BSK turut memantau masalah ketidakpatuhan terhadap perintah Mahkamah Syariah melalui pembentukan Unit Khidmat Nasehat dan Perundangan, Unit Penguatkuasaan dan Pelaksanaan Perintah dan Unit Pengurusan Dana. Keberadaan BSK menjadi suatu bagian penting untuk memberikan bantuan kepada anak yang tidak mendapat nafkah karena kegagalan mematuhi perintah nafkah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Amjad Irfani Bin Arpan
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:25
Last Modified: 29 Jan 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35146

Actions (login required)

View Item
View Item