Strategi Peningkatan Kualitas Konten Dan Promosi Channel Youtube Ar-Raniry Tv Dalam Memperbanyak Subscriber Dan Viewer (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh)

Herna Yunizar, 190401067 (2024) Strategi Peningkatan Kualitas Konten Dan Promosi Channel Youtube Ar-Raniry Tv Dalam Memperbanyak Subscriber Dan Viewer (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh). Other thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Peningkatan Kualitas Konten Dan Promosi Channel Youtube] Text (Strategi Peningkatan Kualitas Konten Dan Promosi Channel Youtube)
SKRIPSI HERNA YUNIZAR 2024 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (7MB)

Abstract

Pentingnya media sosial khususnya YouTube pada zaman modern ini, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh turut serta memanfaatkan YouTube sebagai sarana pendukung pembelajaran mahasiswa/i dalam menyalurkan dan menyebarluaskan informasi serta hiburan yang bersifat mendidik kepada mahasiswa/i yang diberi nama Ar-Raniry TV. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui mengenai strategi peningkatan kualitas konten dan promosi channel YouTube Ar-Raniry TV dalam memperbanyak subscriber dan viewer dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam terhadap informan. Hasil penelitian ini adalah membahas tentang bagaimana strategi peningkatan kualitas konten dan promosi channel YouTube Ar-Raniry TV dalam meningkatkan pelanggan dan pemirsa di YouTube. Oleh karena itu, peneliti dapat memperoleh konsepsi strategi peningkatan kualitas konten dan promosi channel YouTube Ar-Raniry TV. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi peningkatan kualitas konten channel YouTube Ar-Raniry TV yang dilakukan oleh tim Ar-Raniry TV untuk meningkatkan subscriber dan viewer adalah memperbaiki sumber daya manusia (SDM), mengundang bintang tamu yang berkualitas pada program talkshow, membuat konten yang dapat membuat para penonton menjadi penasaran, seperti membuat judul yang menarik dan kreatif serta informatif, membuat batasan durasi di masing-masing program Ar-Raniry TV, serta meliput dan menampilkan konten yang informatif mengenai kegiatan yang ada di civitas akademika UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Sedangkan strategi promosi yang dilakukan oleh tim Ar-Raniry TV adalah menciptakan promosi yang menarik perhatian khalayak, adapun strateginya yaitu menggunakan dua cara yaitu secara online dan offline. Strategi promosi secara online dilakukan dengan memanfaatkan media sosial lainnya dengan cara menyebarluaskan tautan konten di instagram, whatsApp serta tiktok. Sedangkan strategi promosi secara offline dilakukan dengan mengundang narasumber atau bintang tamu yang sedang viral atau yang telah dikenal o leh banyak orang terkhusus pada program talkshow, memakai atribut khusus serta memanfaatkan komunikasi kelompok yang terjadi di lingkungan universitas.

Kata Kunci : Strategi, YouTube, Ar-Raniry TV, Subscriber, Viewer

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 070 News Media, Journalism & Publishing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Herna Yunizar
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:17
Last Modified: 29 Jan 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35147

Actions (login required)

View Item
View Item