Analisis Tingkat Akurasi Algoritma Mfcc Dan Knn Untuk Mendeteksi Bacaan Ayat Suci Al-Qur’an (Study Kasus : Qs. Al-Fatihah Ayat 1-7)

Nurbaity, 190705027 (2024) Analisis Tingkat Akurasi Algoritma Mfcc Dan Knn Untuk Mendeteksi Bacaan Ayat Suci Al-Qur’an (Study Kasus : Qs. Al-Fatihah Ayat 1-7). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Analisis Tingkat Akurasi Algoritma Mfcc Dan Knn Untuk Mendeteksi Bacaan Ayat Suci Al-Qur’an (Study Kasus : Qs. Al-Fatihah Ayat 1-7)] Text (Analisis Tingkat Akurasi Algoritma Mfcc Dan Knn Untuk Mendeteksi Bacaan Ayat Suci Al-Qur’an (Study Kasus : Qs. Al-Fatihah Ayat 1-7))
Nurbaity, 190705027, FST, TI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman hidup yang penting untuk dipelajari kaum muslimin, adapun agar kaum muslimin senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur‟an sebagaimana penggunaan teknologi seperti handphone menjadi alat yang paling sering dipakai oleh manusia, maka perlu keduanya disatukan menjadi satu pemakaian yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun pengguna berada. Penelitian ini menggunakan file suara berbentuk .mp3 yang kemudian diubah ke format .wav dengan menggunakan algoritma ekstraksi ciri fitur suara MFCC dan klasifikasi KNN. Dengan metode MFCC ini dapat membantu mendapatkan pola suara berbentuk nilai yang menghasilkan nilai akurat dalam mengklasifikasi model yang digunakan oleh KNN. Jumlah dataset yang digunakan yaitu 322 rekaman suara bacaan Al-Fatihah ayat 1-7 yang sudah dipotong per ayatnya. Pada pembuatan model juga dibantu dalam menghasilkan akurasi yang tepat menggunakan Confusion Matrix dengan menghasilkan tingkat akurasi terbaik dengan nilai k=1 sebesar 86%, k=2 sebesar 82%, k=3 sebesar 82%, k=5 sebesar 79% dan k=7 sebesar 76%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nurbaity Nurbaity
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:09
Last Modified: 29 Jan 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35149

Actions (login required)

View Item
View Item