Perubahan Sosial Peran Ninik Mamak Dalam Keluarga Suku Aneuk Jamee Di Desa Geulumbuk Kabupaten Aceh Selatan

Raihan Andriyani, 190305091 (2024) Perubahan Sosial Peran Ninik Mamak Dalam Keluarga Suku Aneuk Jamee Di Desa Geulumbuk Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perubahan Sosial Peran Ninik Mamak Dalam Keluarga Suku Aneuk Jamee Di Desa Geulumbuk Kabupaten Aceh Selatan] Text (Perubahan Sosial Peran Ninik Mamak Dalam Keluarga Suku Aneuk Jamee Di Desa Geulumbuk Kabupaten Aceh Selatan)
Raihan Andriyani, 190305091, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (708kB)

Abstract

Ninik mamak dalam keluarga suku aneuk jamee merupakan saudara laki-laki dari pihak ibu, baik abang dari ibu maupun adik dari ibu yang berperan penting dalam keluarga suku aneuk jamee.Namun peran ninik mamak memang mengalami perubahan dalam keluarga karena faktor modernisasi, perubahan struktur keluarga, pendidikan, pekerjaan dan konflik dalam keluarga. Adapun pokok masalah dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bentuk dan dampak perubahan peran ninik mamak dalam keluarga aneuk jamee di Desa Geulumbuk Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif yang berbasis penelitian lapangan, serta menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara langsung dengan masyarakat Desa Geulumbuk, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan. Selain itu teknik pengumpulan data lainnya seperti dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perubahan peran ninik mamak khususnya di Desa Geulumbuk Kabupaten Aceh Selatan, peran yang berubah dalam keluarga seperti peran ninik mamak dalam memimpin musyawarah dalam keluarga, perannya dalam pengambilan keputusan dalam musyawarah, perannya sebagai penengah ketika ada konflik dalam keluarga, perannya dalam menjaga dan memelihara harta pusaka, dan peran pentingnya dalam upacara adat keluarga, perubahan peran ninik mamak berdampak pada generasi muda yang kurang paham tentang konsep ninik mamak. Dimana generasi muda sekarang yang minim pengetahuan tentang ninik mamak dan kurang nya rasa ingin tau tentang peran ninik mamak dalam keluarga yang seharusnya generasi muda paham dan mengerti karena generasi muda lah yang akan melanjutkan budaya ninik mamak dalam keluarga ini nantinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Raihan Andriyani
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:31
Last Modified: 01 Feb 2024 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35150

Actions (login required)

View Item
View Item