Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Media Booklet Pada Materi Sistem Rangka Manusia Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Di SMP Muhammadiyah Kota Subulussalam

Muthia Nur Afida, 190207006 (2024) Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Media Booklet Pada Materi Sistem Rangka Manusia Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Di SMP Muhammadiyah Kota Subulussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Media Booklet Pada Materi Sistem Rangka Manusia Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Di SMP Muhammadiyah Kota Subulussalam] Text (Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Media Booklet Pada Materi Sistem Rangka Manusia Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Di SMP Muhammadiyah Kota Subulussalam)
Muthia Nur Afida, 190207006, FTK, PBL .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran IPA materi sistem rangka kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Subulussalam Siswa memiliki ketuntasan dibawa rata rata karna istilah-istilah pada materi sistem rangka sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem rangka manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sampelnya adalah siswa kelas VIII-1 berjumlah 25 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-2 berjumlah 25 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling jenis random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes yang terdiri dari pretest dan posttest dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian diperoleh nilai bahwa t_hitung≥t_tabel, yaitu 8,251>2,02 sehingga H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan saintifik dan media booklet dalam pembelajaran biologi. Aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dan media booklet pada materi sistem rangka manusia mengalami perbedaan. Adapun nilai rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dikelas eksperimen sebesar 91,5% dengan kategori sangat aktif dan dikelas kontrol sebesar 55,5% dengan kategori cukup aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Muthia Nur Afida
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:51
Last Modified: 29 Jan 2024 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35158

Actions (login required)

View Item
View Item