Korelasi Pengetahuan Tentang Zat Gizi Makanan Dengan Perilaku Diet Pada Siswi Kelas XI Di SMAN Modal Bangsa Arun Lhokseumawe

Rizqiatari Asyifa, 190207010 (2024) Korelasi Pengetahuan Tentang Zat Gizi Makanan Dengan Perilaku Diet Pada Siswi Kelas XI Di SMAN Modal Bangsa Arun Lhokseumawe. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Korelasi Pengetahuan Tentang Zat Gizi Makanan Dengan Perilaku Diet Pada Siswi Kelas XI Di SMAN Modal Bangsa Arun Lhokseumawe] Text (Korelasi Pengetahuan Tentang Zat Gizi Makanan Dengan Perilaku Diet Pada Siswi Kelas XI Di SMAN Modal Bangsa Arun Lhokseumawe)
Rizqiatari Asyifa, 190207010, FTK, PBL .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Diet sering kali dilakukan remaja wanita dengan tujuan menyeimbangkan berat badan ataupun alasan kesehatan. Remaja putri kerap melakukan diet tanpa memperhatikan anjuran kesehatan. Tingkat pengetahuan gizi berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam pemilihan makanan saat menjalankan diet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan zat makanan, perilaku diet, serta korelasi antara pengetahuan zat makanan dengan peilaku diet. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode puposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswi kelas XI yang sedang menjalani diet. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Tes dan Angket Perilaku Diet. Instrumen penelitian menggunakan Lembar Tes dan Lembar Angket Perilaku Diet. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan skala Likert dan korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan tentang zat makanan siswi kelas XI SMAN Modal Bangsa Arun Lhokseumawe tergolong dalam 3 kategori, yakni kategori baik 21%, kategori cukup 44%, dan kategori buruk 35%. Perilaku diet siswi kelas XI SMAN Modal Bangsa Arun Lhokseumawe tergolong dalam 3 kategori, yakni kategori baik 30%, kategori cukup 32%, dan kategori buruk 38%. Kategori tingkat korelasi pengetahuan zat gizi makanan dan perilaku diet tinggi dengan hasil r-hit ≥ r-tab (0,845 ≥ 0,349).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizqiatari Asyifa
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:51
Last Modified: 29 Jan 2024 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35159

Actions (login required)

View Item
View Item