Akuntabilitas Dan Transparansi Manajemen Pengelolaan Dana Dalam Perspektif Idarat Al-Masjid (Studi Penelitian di Masjid Baitul Akbar Adan Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie)

Zhila Mulqia, 190102051 (2023) Akuntabilitas Dan Transparansi Manajemen Pengelolaan Dana Dalam Perspektif Idarat Al-Masjid (Studi Penelitian di Masjid Baitul Akbar Adan Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Akuntabilitas Dan Transparansi Manajemen Pengelolaan Dana Dalam Perspektif  Idarat Al-Masjid (Studi Penelitian di Masjid Baitul Akbar Adan Kecamatan  Mutiara Timur, Kabupaten Pidie)] Text (Akuntabilitas Dan Transparansi Manajemen Pengelolaan Dana Dalam Perspektif Idarat Al-Masjid (Studi Penelitian di Masjid Baitul Akbar Adan Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie))
Zhila Mulqia (190102051) Skripsi (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Idarah masjid merupakan kegiatan mengembangkan dan mengatur kerjasama dari banyak orang guna mencapai suatu tujuan tertentu. Hal ini lebih terfokus pada perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian, keuangan dan pengawasan. Dalam akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana pembangunan dibutuhkankan Idarat Al-Masjid, baik itu dalam laporan dana maupun pengelolaan kegiatan lainnya. Masjid Baitul Akbar Adan tidak pernah direnovasi, karena pembangunannya masih terus dibangun dengan dana yang sudah terkumpul. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan prinsip transparansi dalam pengelolaan dana pada Masjid Baitul Akbar Adan, bagaimana akuntabilitas manajemen BKM dalam realisasi dana pembangunan Masjid Baitul Akbar Adan, serta bagaimana pengelolaan dana yang menggunakan prinsip akuntabilitas dan transparansi terhadap pembangunan Masjid Baitul Akbar Adan berdasarkan perspektif Idarat Al-Masjid. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis, dengan jenis penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa, usaha pihak BKM dalam hal transparansi sedikitnya sudah memadai, dengan usaha diumumkannya dana keluar dan dana masuk tiap jumatnya, itu juga merupakan bentuk akuntabilitas yang dipertanggungjawabkan dalam diskusi tiap tahunnya oleh pihak BKM terhadap dana yang terkumpul, karenanya diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat, namun untuk pembukuan dan pelaporan tiap bulannya belum bisa dibilang memadai atau efektif. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa, Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana berdasarkan perspektif idarat al-masjid sudah diterapkan dalam pengelolaan dana Masjid Baitul Akbar Adan, baik dari awal di perencanaan sampai pengawasan, namun masih banyak hal yang kurang dalam hal pengadministrasiannya, dibidang pelaporan secara tertulis dan pembukuan dana tiap bulannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zhila Mulqia Zhila
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:15
Last Modified: 06 Feb 2024 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35164

Actions (login required)

View Item
View Item