Sistem Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Milk Al Daulah.

Karatun Aini Nurvira, 190102075 (2023) Sistem Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Milk Al Daulah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota  Banda Aceh Dalam Perspektif Milk Al Daulah.] Text (Sistem Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran Pada Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Milk Al Daulah.)
Bismillahirrahmanirrahim skripsi Aini ACC (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh harus memastikan alat-alat pemadam kebakaran terjaga dengan baik, dan dapat digunakan sewaktu-waktu dalam keadaan darurat. Alat-alat pemadam kebakaran merupakan harta milik negara yang berguna bagi masyarakat. Oleh karena itu penulis bertujuan melakukan penelitian untuk mengetahui terkait bagaimana pemeriksaan alat pemadam kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh, serta bagaimana perspektif milk al daulah terhadap pemeriksaan alat pemadam kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis dengan jenis penelitian kualitatif, dan data di peroleh dengan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa, pertama, Pemeriksaan dan perawatan alat pemadam kebakaran pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh di lakukan dengan cara pemeriksaan dan pemanasan mesin, cek pelumas dan bahan bakar, pemeriksaan kondisi ban, cek sistem pengereman, pemeriksaan kelengkapan alat pemadam, pemeriksaan sistem kelistrikan, perawatan eksterior, kuras tangki air, dan uji kelayakan jalan kendaraan. Perawatan dilakukan secara berkala dalam interval waktu tertentu. Biasanya setiap 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun sekali. Tergantung intruksi pabrikan, model kendaraan dan komponen yang digunakan. Kedua, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh bertanggung jawab dalam pemeriksaan alat-alat pemadam kebakaran tersebut. Supaya alat-alat tersebut berfungsi dan digunakan dengan baik ketika musibah kebakaran terjadi. Dengan terawatnya alat-alat pemadam kebakaran memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan kota Banda Aceh selaku Pemerintah daerah telah melakukan tugasnya dengan baik dalam melaksanakan pemeriksaan alat-alat pemadam kebakaran, oleh karena itu hal ini sudah sesuai dengan konsep milk al-daulah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Karatun Aini Nurvira Aini
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:24
Last Modified: 06 Feb 2024 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35166

Actions (login required)

View Item
View Item