Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Masa Pacaran (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Nurul Aini, 180305058 (2022) Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Masa Pacaran (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kekerasan Terhadap Perempuan dalam      Masa Pacaran (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)] Text (Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Masa Pacaran (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh))
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah banyaknya kekerasan yang terjadi terhadap perempuan dalam hal ini kekerasan terhadap perempuan dalam masa pacaran. Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui berbagai macam latar belakang terjadinya kekerasan terhadap korban, bentuk kekerasan yang dialami korban serta dampak yang di rasakan korban baik saat pacaran maupun saat ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan subjek sebanyak 4 orang mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Hasil penelitian pada mahasiswi yang pernah mengalami kekerasan bahwa latar belakang terjadinya kekerasan karena, pertama budaya patriarki bahwa anggapan masyarakat perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan seksual atau sudah pernah mengirim footo nudis kepada pacarnya adalah perempuan yang tidak ada harga diri lagi dan tidak diterima oleh masyarakat, kedua karena adanya hasrat seksual, pasangan laki-laki lebih cenderung menginginkan hubungan seksual dengan pasangan perempuan. Ketiga, ketergantungan dengan pasangannya karena sudah di janjikan akan dinikahkan. Bentuk kekerasan yang dialami korban yaitu secara fisik, psikis, seksual dan sosial. Dampak yang timbul karena kekerasan tersebut adalah secara fisik, psikis, dan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nurul Aini Aini
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:08
Last Modified: 30 Jan 2024 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35171

Actions (login required)

View Item
View Item