Pengaruh Luas Lahan dan Lapangan Kerja Usaha Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Provinsi Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam Periode Tahun 2017-2021

Salul Shafly, 180602065 (2022) Pengaruh Luas Lahan dan Lapangan Kerja Usaha Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Provinsi Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam Periode Tahun 2017-2021. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pertanian, Tenaga Kerja, Pertumbuhan Ekonomi.] Text (Pertanian, Tenaga Kerja, Pertumbuhan Ekonomi.)
Salul Shafly, 180602065, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Indonesia terus menunjukan kemajuan pada sektor pertanian, hal itu menjadi ironi mengingat disebuah Negeri agraris yang kaya akan pertanian dan sempat menjadi satu pusat perdagangan dunia. Aceh merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki potensi sektor pertanian yang besar. Wilayah Aceh memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan lahan pertanian yang luas dan menghasilkan produktivitas yang tinggi serta menjadi penumpang utama keberlangsungan hidup masyarakat, terutama sumbangan terhadap PDB, penyedia lapangan kerja dan penyediaan pangan dalam negeri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan fokus objek yaitu produk domestik regional bruto di Aceh. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuntitatif dengan menggunakan bantuan software Eviews 10. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel luas lahan pertanian secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (PDRB) Provisi Aceh Tahun 2017 hingga 2021. Variabel lapangan kerja usaha secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (PDRB) Provisi Aceh Tahun 2017 hingga 2021. Pemerintah Aceh perlu meningkatkan Lapangan Kerja Usaha dan berkontribusi terhadap Sektor Pertanian agar dapat meningkatkan produktivitas. Dalam hal ini, memberikan peluang untuk menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan roda perekonomian dan berpengaruh dalam pengembangan usaha sehingga dapat mengurangi pengangguran, dengan banyaknya tenaga kerja dari sektor pertanian tersebut akan menciptakan masyarakat yang sejahtera.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Salul Shafly Salul
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:59
Last Modified: 30 Jan 2024 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35172

Actions (login required)

View Item
View Item