Evaluasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Metode Hazard Indentification Risk Assesment and Risk Control (HIRARC) pada PT Fajar Baizuri and Brothers

Wida Hacrisnour, 170702068 (2022) Evaluasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Metode Hazard Indentification Risk Assesment and Risk Control (HIRARC) pada PT Fajar Baizuri and Brothers. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Manajemen Risiko] Text (Manajemen Risiko)
Wida Hacris Nour, 170702068, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

PT. Fajar Baizuri & Brothres merupakan salah satu industri penghasil Crude Palm Oil (CPO) berbahan dasar tandan buah segar (TBS) yang memiliki tingkat risiko kecelakaan kerja cukup tinggi. Berdasarkan data kecelakaan kerja, diketahui bahwa dari tahun ke tahun jumlah kecelakaan kerja yang terjadi telah menurun namun belum mencapai nol. Untuk itu diperlukan adanya metode identifikasi potensi bahaya sehingga dapat disusun rekomendasi atau upaya perbaikan untuk mengendalikan risiko kecelakaan kerja di PT. Fajar Baizuri and Brothres Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan hal penting yang perlu diterapkan bagi perusahaan karena dampak dari kecelakaan kerja tidak hanya merugikan karyawan, tetapi juga perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian dilakukan dengan Pengumpulan data dengan cara wawancara observasi atau pengamatan langsung aktivitas kerja yang dilakukan di tiap-tiap stasiun kerja di PT. Fajar Baizuri & Brothres yang kemudian dianalisis menggunakan metode Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC). Metode HIRARC adalah metode untuk mengidentifikasi potensi bahaya, menilai dan menganalisis risiko, serta menyusun upaya pengendalian risiko terhadap potensi bahaya yang teridentifikasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa teridentifikasi potensi bahaya fisik,biologi,mekanis,lingkungan,kimia. yang tergolong low,medium,dan high risk di seluruh stasiun kerja, teridentifikas jumlah potensi bahaya yang tergolong medium risk yaitu 25 dan 4 potensi bahaya yang tergolong low pada PT. Fajar Baizuri and Brotres, serta terdeteksi 2 potensi bahaya yang tergolong high risk, yaitu di stasiun kerja ketel uap/baoilet dan stasiun kerja kamar mesin (turbin dan genset) .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Wida Hacris Nour
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:53
Last Modified: 30 Jan 2024 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35177

Actions (login required)

View Item
View Item