Korelasi Antara Tingkah Laku, Makropatologi Dan Histopatologi Pada Ikan Kakap Putih (Lates Calcarifer) Yang Terinfeksi Virus Viral Nervous Necrosis (VNN)

Desy Nurrahma Dhani, 160703060 (2024) Korelasi Antara Tingkah Laku, Makropatologi Dan Histopatologi Pada Ikan Kakap Putih (Lates Calcarifer) Yang Terinfeksi Virus Viral Nervous Necrosis (VNN). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Korelasi Antara Tingkah Laku, Makropatologi Dan Histopatologi Pada Ikan Kakap Putih  (Lates Calcarifer) Yang Terinfeksi Virus  Viral Nervous Necrosis (VNN)] Text (Korelasi Antara Tingkah Laku, Makropatologi Dan Histopatologi Pada Ikan Kakap Putih (Lates Calcarifer) Yang Terinfeksi Virus Viral Nervous Necrosis (VNN))
Desy Nurrahma Dhani. 160703060, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (908kB)

Abstract

Ikan kakap putih (Lates calcarifer) merupakan salah satu komoditas ikan unggulan Indonesia. Meningkatnya upaya intensifikasi budidaya ikan kakap putih yang disertai dengan penurunan kualitas perairan menyebabkan ikan tersebut rentan terkena penyakit, salah satunya adalah infeksi virus. Salah satu jenis infeksi virus pada kakap putih yaitu Viral nervous necrosis. Infeksi virus VNN pada ikan kakap putih mengakibatkan motalitas kematian mencapai 100%. Tujuan penelitian ini dilakukan ialah untuk melihat dan mengetahui pola tingkah laku dan makropatologi ikan kakap putih normal dan ikan yang telah terinfeksi penyakit VNN, untuk memperkuat hasil validasi perbandingan ikan kakap putih normal dan yang terinfeksi penyakit melalui metode PCR dan untuk mengetahui dan memperkuat hasil organ ikan kakap putih normal dan ikan yang terinfeksi penyakit VNN melalui pengamatan histologi. Penelitian ini dilaksankan pada bulan Maret 2021 dengan menggunakan metode secara kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Multifungsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dan Laboratorium histologi BPBAP- Ujung Batee. Perubahan tingkah laku yang terjadi pada pengujian ini diantaranya pergerakan ikan, lamanya berdiam diri, jumlah gerakan operculum, waktu raih pakan dan arah serta gaya renang. Perubahan makropatologi yang terjadi ikan mengalami depigmentasi kulit, warna tubuh gelap kehitaman, terjadi iritasi pada bagian operculum dan mata ikan, pembengkakan mata, pembengkakan abdomen, terdapatnya bintik- bintik putih serta terkelupasnya sisik. Pengamatan histopatologi terdapatnya vakuola, necrosis, degradasi sel dan hemoragi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tingkah Laku, Makropatologi, Histopatologi, Ikan Kakap Putih (Lates calcarifer), Viral Nervous Necrosis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Desy Nurrahma Dhani
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:46
Last Modified: 30 Jan 2024 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35178

Actions (login required)

View Item
View Item