Nilai-Nilai Pendidikan Tibb Al-Rasul Dan Implementasinya Dalam Pengobatan Modern (Suatu Analisis Islamic Pedagogy)

Muhammad Hamzah, 201002023 (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Tibb Al-Rasul Dan Implementasinya Dalam Pengobatan Modern (Suatu Analisis Islamic Pedagogy). Doctoral thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana S3 Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Nilai-Nilai Pendidikan Tibb Al-Rasul Dan Implementasinya Dalam Pengobatan Modern (Suatu Analisis Islamic Pedagogy)] Text (Nilai-Nilai Pendidikan Tibb Al-Rasul Dan Implementasinya Dalam Pengobatan Modern (Suatu Analisis Islamic Pedagogy))
Muhammad Hamzah, PPS, S3, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang menyatu dalam kehidupan setiap insan untuk mencapai kebahagian dan keselamatan melalui penerapan nilai-nilai pendidikan, hingga kini kurang mendapat perhatian dalam pengobatan modern. Implementasi nilai pendidikan belum bisa digunakan dalam ilmu kedokteran sehingga perlu dilakukan penelitian dengan didasari alasan adanya kebijakan pelaksanaan syariat Islam, kebutuhan implementasi nilai, model pembentukan karakter dan penerapan integrasi nilai-nilai pendidikan. Data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2018 kebutuhan pelayanan pengobatan alternatif sebesar 1% sebagai akibat dari kurangnya pelayanan pengobatan Islami menimbulkan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pengobatan modern. Metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif pada profesi al-rafiq al-tib yaitu fisioterapis, profesi dokter, dan pengobat tradisional pada lahan praktik masing- masing di Banda Aceh, data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan dua temuan penting yaitu wujud dari nilai-nilai pendidikan ṭibb al-Rasul dan implementasi nilai-nilai pendidikan ṭibb al-Rasul pada pengobatan modern dengan implementasi nilai-nilai pendidikan menjadi solusi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hamzah
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:43
Last Modified: 31 Jan 2024 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35188

Actions (login required)

View Item
View Item