Pengelolaan Masjid Di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur (Analisis Terhadap Wewenang Akta Pentadbiran Undang- Undang Islam Wilayah Persekutuan 1993 Malaysia)

Mohd Yazid bin Saad, 29173643 (2024) Pengelolaan Masjid Di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur (Analisis Terhadap Wewenang Akta Pentadbiran Undang- Undang Islam Wilayah Persekutuan 1993 Malaysia). Doctoral thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana S3 Fikih Modern (Hukum Islam).

[thumbnail of Pengelolaan Masjid Di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur (Analisis Terhadap Wewenang Akta Pentadbiran Undang- Undang Islam Wilayah Persekutuan 1993 Malaysia)] Text (Pengelolaan Masjid Di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur (Analisis Terhadap Wewenang Akta Pentadbiran Undang- Undang Islam Wilayah Persekutuan 1993 Malaysia))
Mohd Yazid Bin Saad, 29173643, PPS, Fiqh Modern.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB)

Abstract

Masjid merupakan institusi suci yang dibangun atas dasar takwa kepada Allah subha>nahu wata’ala. Keberhasilan masjid tidak dapat disangkal karena sejarah perkembangan Islam sejak zaman Nabi Muhammad s{allallahu ‘alaihi wassalam hingga era pasca-modern terkait dengan fungsi dan peranannya dalam mengembangkan peradaban masyarakat universal. Fungsi dan peran masjid berkembang mengikuti perubahan zaman. Di zaman modern ini, fungsi dan peran masjid cukup terbatas. Padahal, sistem tata kelola masjid telah menjadi persoalan yang perlu diselesaikan dengan gagasan reformasi yang relevan di era modern. Lemahnya sistem pemerintahan menyebabkan kedudukan dan keagungan masjid tidak dianggap serius oleh sebagian masyarakat muslim. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti sangat tertarik untuk mengkaji pengelolaan masjid di Malaysia dengan menganalisis kewenangan Akta Pentadbiran Undang-Undang Islam Wilayah Persekutuan
1993. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana efektivitas undang-undang tersebut dalam pengelolaan masjid di Wilayah Persekutuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif normatif untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan hukum. Bahkan, metode fiqih modern, terutama maqa>s{hid syari>’ah dan maslah{{ah mursalah, digunakan sebagai instrumen untuk mengevaluasi dampak penerapan undang-undang tersebut dalam sistem pengelolaan masjid, khususnya di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur. Selain itu,studi lapangan juga

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Fikih Modern (Hukum Islam)
Depositing User: Mohd Yazid Bin Saad
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:53
Last Modified: 31 Jan 2024 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35189

Actions (login required)

View Item
View Item