Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Pedagang Batu Akik Di Aceh

Muhammad Iqbal Prasetyo, 150602191 (2024) Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Pedagang Batu Akik Di Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Pedagang Batu Akik Di Aceh] Text (Tinjauan Ekonomi Syariah Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Pedagang Batu Akik Di Aceh)
Muhammad Iqbal Prasetyo, 150602191, FEBI, ES - WATERMARK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran dan tinjauan ekonomi syariah yang dilakukan oleh pedagang batu akik yang ada diseitar Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu yaitu tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung dari pengamatan pada manusia baik dalam kawasannyamaupun dalam peristilahan-nya Metode penelitian yang digunakan dalam ini penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki (seseorang, lembaga,masyarakat dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak, atau sebagaimana adanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi bauran pemasaran pedagang batu akik di Kota Banda Aceh terdiri dari beberapa aspek pada bauran pemasaran yaitu diantaranya aspek produk, aspek penetapan harga, aspek saluran pemasaran, aspek promosi. Dari ke empat aspek tersebut hanya dalam aspek penetapan harga yang tidak memenuhi nilai-nilai syariah. Pada praktiknya dilapangan pedagang batu giok mengambil keuntungan 100 % dari harga awalnya. Sedangkan pada aspek produk, aspek saluran pemasaran, dan aspek promosi sudah memenuhi nilai-nilai syariah. Saran pihak pedagang batu akik yang tersebar diseluruh sudut Kota Banda Aceh untuk menjamin setiap produk yang dijual berkualitas dan tidak rusak dan memberikan garansi kepada setiap orang yang membelinya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: injauan Ekonomi Syariah, Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Pedagang Batu Akik Di Aceh.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Iqbal Prasetyo Iqbal
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:13
Last Modified: 01 Feb 2024 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35198

Actions (login required)

View Item
View Item