Analisis Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK N 1 Darul Kamal

Muhammad Husin, 170211014 (2023) Analisis Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK N 1 Darul Kamal. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Project Based-learning (PjBL), Problem Based-Learning, Hasil Belajar, Dasar Listrik dan Elektronika.] Text (Project Based-learning (PjBL), Problem Based-Learning, Hasil Belajar, Dasar Listrik dan Elektronika.)
Muhammad Husin, 170211014, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Hasil observasi di kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik menunjukkan guru masih menggunakan metode konvensional untuk mengajar. Untuk mengatasi ini, peneliti melakukan perbandingan antara model pembelajaran project based learning (PJBL) dan problem based learning (PBL) guna menentukan model yang lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Sampel penelitian melibatkan seluruh siswa kelas X (TITL) di SMKN 1 Darul Kamal, Aceh Besar yang berjumlah 10 siswa, pada Tahun Ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian (pretest dan posttest). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik pada model PjBL dan PBL. (2) Untuk menemukan faktor yang mempengaruhi perbandingan hasil belajar peserta didik pada model PjBL dan PBL. Hasil penelitian data menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Project Based-Learning (PjBL) dan Problem Based-Learning (PBL) pada mata pelajaran Listrik Dasar dan Elektronik di kelas X-TITL SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Secara keseluruhan, PjBL menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi daripada PBL pada nilai pretest maupun posttest. Perbandingan antara Project Based-Learning (PjBL) dan Problem Based-Learning (PBL) menunjukkan keduanya memiliki kelebihan. Adapun faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada model PjBL meliputi keterlibatan siswa, partisipasi aktif, kesadaran terhadap masalah, kemampuan bekerja sama, dan presentasi proyek. Sedangkan model PBL meliputi antusiasme siswa, pembentukan kelompok heterogen, organisasi informasi, dan kemampuan kerjasama dalam pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Husin Husin
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:48
Last Modified: 02 Feb 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35211

Actions (login required)

View Item
View Item