Pengaruh Media Sosial terhadap Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilihan Presiden 2019: Studi Pada Mahasiswa FISIP UIN Ar-Raniry

Nurul Raudhah, 190801056 (2023) Pengaruh Media Sosial terhadap Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilihan Presiden 2019: Studi Pada Mahasiswa FISIP UIN Ar-Raniry. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemilih Pemula] Text (Pemilih Pemula)
Nurul Raudhah, 190801056, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini melatar belakangi adanya pengaruh media sosial terhadap partisipasi pemilih pemula pada pemilihan presiden 2019 yang difokuskan kepada mahasiswa FISIP Uin Ar-Raniry. Media sosial digunakan sebagai sarana komunikasi di berbagai bidang, salah satunya politik. Di bidang politik, media sosial memberikan peran yang sangat signifikan terhadap para pemilih, khususnya pemilih pemula pada Pemilihan Umum 2019. Pengaruh partisipasi pemilih pemula tidak terlepas dari bagaimana cara para kandidat menyampaikan informasi kepada pemilih pemula, baik itu kampanye secara langsung maupun dalam bentuk kampanye di media sosial. Metode penelitian yang dilakukan yakni berupa pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial ini dapat memudahkan pemilih pemula untuk mengetahui dan menilai para calon kandidat pada saat pemilihan umum. Dari media sosial ini dengan keluarnya informasi-informasi mengenai politik berupa pemilihan presiden, secara otomatis pemilih pemula memiliki ketertarikan memantau sejauh mana pemilu 2019. media sosial yang paling banyak digunakan adalah facebook, instagram dan twitter. Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwasannya media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi pemilih pemula pada pemilihan presiden 2019. pemilih pemula menjadikan media sosial sebagai sumber informasi politik yang mudah di akses. Keberadaan media sosial telah memudahkan pemilih pemula dalam mengakses informasi politik. salah satu media sosial yang paling berpengaruh dan populer ialah instagram.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Nurul Raudhah Nurul
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:06
Last Modified: 02 Feb 2024 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35212

Actions (login required)

View Item
View Item