Implementasi Model Project Based-Learning Menggunakan Moodle Pada Mata Pelajaran Listrik Dasar Dan Elektronika

Samun Raji, 170211024 (2024) Implementasi Model Project Based-Learning Menggunakan Moodle Pada Mata Pelajaran Listrik Dasar Dan Elektronika. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Model Project Based-Learning Menggunakan Moodle Pada Mata Pelajaran Listrik Dasar Dan Elektronika] Text (Implementasi Model Project Based-Learning Menggunakan Moodle Pada Mata Pelajaran Listrik Dasar Dan Elektronika)
Samun Raji, 170211024, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pembelajaran e-learning berbasis Moodle akan menjadi efektif jika didukung oleh model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang mendukung efektivitas tersebut adalah Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian onegroup pretest-posttest. Sampel penelitian melibatkan seluruh siswa kelas X TITL SMKN 1 Darul Kamal, Aceh Besar, pada Tahun Ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian (pretest dan posttest) untuk mengukur ranah kognitif, serta melalui analisis data angket untuk melihat respon siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran dalam model Project Based-Learning berbantuan moodle pada mata pelajaran listrik dasar dan elektonika dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model Project Based-Learning berbantuan moodle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran PjBL berbantuan Moodle meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik arus searah di kelas X TITL SMKN Darul Kamal Aceh Besar. Analisis statistik, seperti Uji Paired T test, menunjukkan signifikansi yang tinggi, dengan tingkat kesalahan 0,05, yang menolak hipotesis nol. Selain itu, respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran PjBL berbantuan Moodle secara keseluruhan sangat positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PjBL berbantuan Moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dasar dan elektronika, dan mendapat tanggapan positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Samun Raji
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:03
Last Modified: 02 Feb 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35221

Actions (login required)

View Item
View Item