Penerapan Model Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri Dham Ceukok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar

Shofia Nadhifa, 190209145 (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri Dham Ceukok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan  Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri Dham Ceukok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar] Text (Penerapan Model Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SD Negeri Dham Ceukok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar)
SKRIPSI SIDANG SHOPI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan siswa kurang mampu dalam mengemukakan pendapat, hanya beberapa siswa yang aktif untuk berdiskusi saat pembelajaran berlangsung, siswa kurang berminat untuk belajar, siswa kurang memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung, siswa kurang fokus pada pembelajaran, hasil belajar rata-rata siswa 70, sedangkan KKKM disekolah 80 sehingga belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran tematik dengan penggunaan model pembelajaran time token di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran tematik dengan penggunaan model pembelajaran time token di kelas V. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Dham Ceukok sebanyak 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes yang dianalisis dengan rumus klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dengan skor nilai mencapai 73,86% dengan kategori baik, siklus II dengan skor 82,95% kategori baik, dan siklus III dengan skor 86,09% dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I dengan skor 63,64% yang termasuk kategori cukup, siklus II dengan skor 73,86% yang termasuk dalam kategori baik, dan siklus III dengan skor 81,45% kategori baik. Hasil tes kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada siklus I yaitu 14 orang siswa yang tuntas dengan skor 56%, pada siklus II terdapat 18 orang yang tuntas dengan skor 72%, dan pada siklus III siswa yang tuntas sebanyak 21 orang siswa dengan skor 84%. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat simpulkan bahwa dengan penerapan model time token pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shofia Nadhifa Shofia
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:28
Last Modified: 05 Feb 2024 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35229

Actions (login required)

View Item
View Item