Kefektifan Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Dinding Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas IV SDN 2 Trienggadeng

Nur Hasyitah, 190209144 (2023) Kefektifan Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Dinding Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas IV SDN 2 Trienggadeng. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kefektifan  Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Dinding Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas IV SDN 2 Trienggadeng] Text (Kefektifan Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Dinding Kata Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas IV SDN 2 Trienggadeng)
SKRIPSI NUR HASYITAH ACC terbaru revisi sidang.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN 2 Trienggadeng pada kelas IV, bahwa terdapat suatu permasalahan yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan. Disebabkan karena kurang adanya variasi metode atau model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model student facilitator and explaining berbantuan media dinding kata dalam meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas IV SDN 2 Trienggadeng. Metode penelitian ini adalah One Group Pretest- Posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui soal pre-test dan post-test. Dimana sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan model dan media akan dilakukan pre-test selanjutnya baru akan dilakukan penerapan model dan media setelah itu baru dilakukan Posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model student facilitator and explaining berbantuan media dinding kata memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan memahami isi bacaan siswa, Dimana dari hasil pelrhitulngan ulji-t signifikan (sig.2 taileld) yaitul selbelsar ,000. Dikarelnakan 0,000 < 0,05, maka dapat diambil kelsimpullan bahwa Ha ditelrima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model student facilitator and explaining berbantuan media dinding kata efektif digunakan untuk membantu siswa dalam memahami isi bacaan siswa kelas IV SDN 2 Trienggadeng.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Hasyitah Nur
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:29
Last Modified: 05 Feb 2024 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35230

Actions (login required)

View Item
View Item