Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Cerita dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Siswa Kelas IV SDN 33 Banda Aceh.

Wizriati Rahmani, 190209142 (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Cerita dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Siswa Kelas IV SDN 33 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Kemampuan  Memahami Isi Cerita  dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Siswa Kelas IV SDN 33  Banda Aceh.] Text (Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Cerita dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Practice Rehearsal Pairs Siswa Kelas IV SDN 33 Banda Aceh.)
2 feb Skripsi Wizriati Rahmani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Proses Pembelajaran di kelas IV SDN 33 Banda Aceh masih banyak siswa yang tidak mampu menjelaskan kembali atau menceritakan kembali isi bacaan yang telah dibacanya serta keingintahuan siswa sangat kurang pada materi pelajaran yang diberikan oleh guru, dan siswa kurang kreatif dalam mengeluarkan pendapat atau ide-ide pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas serta rendahnya kemampuan siswa saat memahami isi cerita. Hal itu dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang tidak variatif oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan memahami isi cerita dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe practice rehearsal pairs siswa kelas IV SDN 33 Banda Aceh. Jenis Penelitian ini adalah PTK yang meliputi empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan tes. Data ini dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I adalah 71,59% (Baik) kemudian meningkat menjadi 86,36% (sangat baik) pada siklus II dan 94,31% (sangat baik) pada siklus III. Aktivitas siswa siklus I memiliki nilai persentase 64,77% (baik), siklus II memiliki nilai 88,63% (sangat baik), dan siklus III memiliki nilai 95,45% (sangat baik), memahami isi cerita, siklus I memiliki nilai 66 % (sedang), siklus II memiliki nilai 73% (sedang), dan siklus III memiliki nilai 84% (sangat tinggi). Oleh karena itu dapat dikatakan aktivitas guru, siswa, dan kemampuan memahami isi cerita mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Dapat disimpulkan bahwa dapat meningkatkan memahami isi cerita pada siswa kelas V SDN 33 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wizriati Rahmani Wizriati
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:29
Last Modified: 05 Feb 2024 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35231

Actions (login required)

View Item
View Item