Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Self-Regulated Learning Pada Materi Dinamika Rotasi Di SMA/MA

Sunaldi, 190204018 (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Self-Regulated Learning Pada Materi Dinamika Rotasi Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Self-Regulated Learning Pada Materi Dinamika Rotasi Di SMA/MA] Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Self-Regulated Learning Pada Materi Dinamika Rotasi Di SMA/MA)
Sunaldi, 190204018, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan observasi penelitian yang telah dilakukan, peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika seperti pada materi dinamika rotasi dikarenakan kurangnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendesain modul pembelajaran fisika berbasis Self Regulated Learning pada materi dinamika rotasi dan untuk mengetahui tingkat kelayakan maupun respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis Self Regulated Learning pada materi dinamika rotasi. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Dengan Model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define, Design, Development, dan Dissiminate. Tahap Dissiminate tidak dilakukan dikarenaka sekolah sedang melaksanakan ujian semester. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa lembar validasi yang kelayakannya dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ahli media dengan perolehan skor sebesar 91,5% dengan kriteria sangat layak dan materi memperoleh skor sebesar 88,55% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Self Regulated Learning Pada Materi dinamika rotasi di SMA/MA layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Sunaldi Sunaldi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:51
Last Modified: 05 Feb 2024 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35244

Actions (login required)

View Item
View Item