Penerapan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Kelas VII SMPS Babul Maghfirah

M. Khalis, 170213189 (2023) Penerapan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Kelas VII SMPS Babul Maghfirah. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Teknik Role Playing & Perilaku Membolos] Text (Teknik Role Playing & Perilaku Membolos)
M. Khalis, 170213089, FTK, PBK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Perilaku membolos merupakan salah satu bentuk ketidakdisiplinan siswa masuk sekolah, salah satunya terlihat dari ketidakhadiran siswa tanpa keterangan pada saat jam pelajaran sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan teknik role playing dapat mengurangi perilaku membolos siswa kelas VII SMP Swasta Babul Maghfirah. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pemilihan subjek dalam penelitian ini disesuaikan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru BK dan tiga siswa, dimana subjek ini pernah mengalami kasus-kasus membolos. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok melalui teknik role playing mampu memfasilitasi siswa dalam mengubah perilaku membolos, karena teknik ini dilakukan melalui kegiatan bermain peran, dimana siswa berperan sebagai tokoh cerita yang dimainkan. Teknik role playing mampu memberikan sebuah contoh pada siswa tentang dampak dari perilaku membolos, sehingga siswa dapat memnghindari perilaku tersebut. Setelah menerapkan teknik role playing siswa diminta untuk menyimpulkan makna dari kegiatan bermain peran yang dilakukan, kemudian guru membimbing serta menjelaskan kembali tentang dampak dari perilaku membolos yang pernah dilakukan siswa. Hal ini mendorong siswa untuk menyadari dan merenungi tentang perilaku membolos yang pernah dilakukan untuk tidak mengulangnya kembali

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: M. Khalis Khalis
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:21
Last Modified: 05 Feb 2024 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35246

Actions (login required)

View Item
View Item