Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Animasi Dengan Model 4d Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 02 Percontohan Blangkejeren

Ilha Isnaini Riski, 190212034 (2024) Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Animasi Dengan Model 4d Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 02 Percontohan Blangkejeren. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Animasi Dengan Model 4d Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 02 Percontohan Blangkejeren] Text (Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Animasi Dengan Model 4d Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 02 Percontohan Blangkejeren)
Ilha Isnaini Riski, 190212034, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran dan penggunaan metode belajar yang mononton menimbulkan rasa bosan pada siswa selama proses pembelajaran, yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dikelas. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan animasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Al-fatah dan IV An-nur di SD Negeri 02 Percontohan Blangkejeren. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan Thiagarajan yaitu model 4D yang merupakan singkatan dari Define, Design, Development, Dissamination. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, pembagian angket dan tes yang dibagi menjadi 2 yaitu Pre-Test dan Post-Test. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% yaitu pada kelas IVA thitung > ttabel (5,452 > 2.064) dan IVB thitung > ttabel (9,370>2,080) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Animasi pembelajaran ini juga telah divalidasi oleh 2 ahli media dengan nilai 86% dan 94% serta guru sebagai ahli materi yang memperoleh nilai 86% dan 100% dengan kategori sangat setuju untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Adapun respon siswa terhadap animasi pembelajaran ini memperoleh nilai 88% dengan kategori sangat setuju.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ilha Isnaini Riski
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:33
Last Modified: 05 Feb 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35252

Actions (login required)

View Item
View Item