Efektivitas Teknik Modelling simbolic Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar

M. Andrika, 170213045 (2023) Efektivitas Teknik Modelling simbolic Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling Simbolic, Motivasi Belajar] Text (Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling Simbolic, Motivasi Belajar)
M. Andrika, 170213045, FTK, PBK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan kecenderungan siswa dalam melakukan kegiatan belajar yang didorong oleh hasrat untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin. Motivasi belajar yang dimiliki siswa sangat berperan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam setiap mata pelajaran. Siswa yang bermotivasi tinggi akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula, artinya semakin tiggi motivasinya, semakin intens usaha yang dilakukan, maka semakin tinggi prestasi belajar yang diperolehnya. Namun kenyataan yang terjadi di MTsN 2 Aceh Besar ada beberapa siswa kelas VII4 yang memiliki motivasi belajar rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII4 MTsN 2 Aceh Besar. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pre-test-postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 2 Aceh Besar. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menemukan bahwa diperoleh rata-rata pre-test siswa sebesar 96.3, dan rata-rata postest sebesar 123. Nilai Zhitung ≤ Ztabel (-4,752 ≤ 0,975), nilai asymptotik sig. (2-tailed) untuk uji dua arah sebesar <0,001 karena sig ≤ 0,05, menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbandingan tingkat motivasi belajar siswa meningkat setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolic. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolic efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII4 MTsN 2 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: M. Andrika Andrika
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:21
Last Modified: 05 Feb 2024 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35253

Actions (login required)

View Item
View Item