Pengembangan LKPD Berbasis Chemo-entrepreneurship (CEP) Pada Materi Laju Reaksi Di MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh

Mila Novita Sari, 190208063 (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Chemo-entrepreneurship (CEP) Pada Materi Laju Reaksi Di MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan LKPD] Text (Pengembangan LKPD)
Mila Novita Sari, 190208063, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh mengenai pengembangan LKPD berbasis chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru hanya menggunakan buku cetak dan proses belajar mengajar hanya sebatas guru menjelaskan dan peserta didik sebagai pendengar yang baik. Maka dengan adanya LKPD ini diharapkan dapat menjadi alternatif perangkat pembelajaran tambahan bagi guru untuk memaksimalkan proses pembelajaran dengan diiringi oleh pengenalan mengenai chemo-entrepreneurship. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan LKPD berbasis chemo-entrepreneurship dan respon guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi laju reaksi di MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisys, design, development, implementation, evaluation. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 orang peserta didik dan 1 orang guru mata pelajaran kimia MAS Ulumul Qur’an. Analisis data pada pengembangan LKPD berbasis chemo- entrepreneurship ini menggunakan validasi, respon peserta didik dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi tim ahli, lembar angket respon peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata yang diperoleh dari 3 validator ahli sebesar 94,22% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan persentase yang diperoleh dari hasil respon peserta didik adalah 89,9% dengan kriteria sangat baik dan hasil respon guru sebesar 84% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis chemo-entrepreneurship (CEP) pada materi laju reaksi yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mila Novita Sari Mila
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:01
Last Modified: 05 Feb 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35256

Actions (login required)

View Item
View Item