Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 2 Sigli

Fatma Zahra, 190208085 (2023) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 2 Sigli. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Media Pembelajaran] Text (Media Pembelajaran)
Fatma Zahra, 190208085, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran serta peserta didik yang kurang aktif dan cepat jenuh ketika mengikuti pembelajaran kimia sehingga hasil belajar yang didapatkan peserta didik belum seluruhnya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas dan respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 pada materi struktur atom di SMA Negeri 2 Sigli. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen yang menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas kontrol yang berjumlah 26 peserta didik. Data yang dikumpulkan yaitu melalui tes dan penyebaran angket. Perolehan nilai analisis hasil belajar pada uji n-gain kelas eksperimen sebesar 0,78 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah diberi perlakuan terutama pada kelas eksperimen. Perolehan nilai pada uji t adalah Sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang menyatakan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada kedua kelas. Pada uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,97 yang artinya penggunaan media berbasis adobe flash efektif terhadap hasil belajar. Hasil respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran adobe flash CS6 juga sangat menarik dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 90%. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS6 efektif digunakan dalam pembelajaran struktur atom di SMA Negeri 2 Sigli.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fatma Zahra Fatma
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:02
Last Modified: 05 Feb 2024 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35260

Actions (login required)

View Item
View Item