Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Siswa SMA/MA

Maulida Humaira, 190205045 (2024) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Siswa SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Siswa SMA/MA] Text (Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Siswa SMA/MA)
Maulida Humaira, 190205045, FTK, PMA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika, karena dengan memahami konsep maka siswa akan mampu mengembangkan kemampuan lainnya seperti menyelesaikan permasalahan-permasalahan matematika. Namun kenyataannya dari hasil tes awal siswa menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Adapun penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yaitu quasi eksperimen dan jenis desainnya yaitu control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Aceh Besar. Penentuan sampel pada penelitian dilakukan secara acak atau random sampling dengan sampelnya terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Sedangkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas eksperimen dalam kategori tinggi dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada kelas kontrol dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulida Humaira
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:04
Last Modified: 05 Feb 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35261

Actions (login required)

View Item
View Item