Peran Ekonomi Kreatif Dalam Mentransformasi Ekonomi Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Kajian Pada Pengrajin Anyaman Rotan di Gampong Kueh Kecamatan Lhoknga)

Siti Asrianti, 190602055 (2023) Peran Ekonomi Kreatif Dalam Mentransformasi Ekonomi Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Kajian Pada Pengrajin Anyaman Rotan di Gampong Kueh Kecamatan Lhoknga). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Ekonomi Kreatif, Transformasi Ekonomi, Pengrajin Rotan, Ekonomi Islam] Text (Ekonomi Kreatif, Transformasi Ekonomi, Pengrajin Rotan, Ekonomi Islam)
Siti Asrianti, 190602055, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran ekonomi kreatif dalam mentransformasi ekonomi masyarakat perspektif ekonomi Islam (kajian pada pengrajin anyaman rotan di Gampong Kueh Kecamatan Lhoknga). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh memberi kesimpulan bahwa kegiatan ekonomi kreatif telah mentransformasi ekonomi di Gampong Kueh dengan memberi pengaruh pada peningkatan pendapatan warga khususnya industri kerajinan rotan dibandingkan pendapatan sebelumnya, bahkan beberapa dari mereka telah menjadikan aktifitas produksi kerajinan rotan sebagai profesi utama dan meninggalkan profesi lama. Sedangkan dalam perspektif ekonomi Islam, para pengrajin telah memenuhi proses produksi yang sesuai dengan syariat Islam seperti tidak merusak alam dan rotan yang diproduksi merupakan hasil dari mereka beli langsung dari pemasoknya

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Asrianti Siti
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:05
Last Modified: 05 Feb 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35262

Actions (login required)

View Item
View Item