Implementasi Modul Arab Jawi Pada Materi Minyak Bumi di MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh

Nurliza, 190208026 (2023) Implementasi Modul Arab Jawi Pada Materi Minyak Bumi di MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Modul] Text (Implementasi Modul)
Nurliza, 190208026, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran kimia di MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh, peserta didik mengalami hambatan dalam memperoleh hasil belajar kimia. Hal ini di tunjukkan dengan nilai peserta didik pada materi minyak bumi belum mencapai KKM yaitu 70 dari 78 nilai KKM yang di tetapkan. Sebagai salah satu upaya dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan modul Arab Jawi, karena MAS Ulumul Qur’an merupakan Madrasah atau Pesantren maka modul yang akan di gunakan adalah modul berbasis Arab Jawi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan modul Arab Jawi pada materi minyak bumi di kelas XI Putri MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh dan untuk melihat respon peserta didik terhadap penggunaan modul Arab Jawi pada materi minyak bumi di kelas XI Putri MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian yang di gunakan adalah One Grup Pretest-Posttest Design. Proses pengambilan sampel di lakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah Peserta didik kelas XI Putri MAS Ulumul Qur’an Banda Aceh yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda dan angket respon. Data hasil tes di analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji N-Gain, pengujian hipotesis yaitu menggunakan uji-t serta respon peserta didik di analisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 27,71 dengan taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 24 maka diperoleh ttabel sebesar 22,8 sehingga nilai thitung (27,71) > ttabel (22,8), oleh demikian Ha di terima dan H0 di tolak. Respon peserta didik terhadap penggunaan modul Arab Jawi pada materi minyak bumi menunjukkan bahwa nilai persentase sebesar 83,73% dengan kriteria baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa penggunaan modul Arab Jawi pada materi minyak bumi adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI Putri di MAS Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurliza Liza
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:02
Last Modified: 05 Feb 2024 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35264

Actions (login required)

View Item
View Item