Strategi Pengrmbangan Usaha Keripik Singkong Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengusaha Di Tinjau Dari Perspektik Ekonomi Islam (Studi Di Desa Seuneubok Aceh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen).

Fara Hidayanti, 190602030 (2023) Strategi Pengrmbangan Usaha Keripik Singkong Dalam Meningkatkan Pendapatan Pengusaha Di Tinjau Dari Perspektik Ekonomi Islam (Studi Di Desa Seuneubok Aceh Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Keripik singkong, Meningkatkan pendapatan, UMKM, Ekonomi Islam] Text (Keripik singkong, Meningkatkan pendapatan, UMKM, Ekonomi Islam)
Fara Hidayanti, 190602030, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan usaha keripik singkong dalam meningkatkan pendapatan pengusaha sebagai produk UMKM keripik singkong di Desa Seuneubok Aceh, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 8 orang, yang terdiri dari pemilik usaha, karyawan, dan juga informan pendukung dari akademisi. Penelitian ini mengidentifikasi hambatan dan tantangan dalam mengembangkan usaha keripik singkong serta menjelaskan dampaknya terhadap pendapatan pengusaha dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha keripik singkong memiliki peran penting dalam perekonomian nasional dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat setempat. Meskipun mengadapai berbagai tantangan, pemilik usaha telah mengambil langkah-langkah strategi pengembangan usaha, pengembangan kapasitas tenaga kerja, manajemen keluarga yang efektif, perencanaan yang matang, semangat, konsisten dan disiplin, serta ekspansi pasar melalui sosial media. Selain itu, prinsip-prinsip ekonomi islam, seperti keadilan, kejujuran dan pemberdayaan masyarakat, turut menjadi landasan dalam mengembangkan produk UMKM keripik singkong di Desa Seuneubok Aceh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fara Hidayanti Fara
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:05
Last Modified: 05 Feb 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35265

Actions (login required)

View Item
View Item