Berjoget Untuk Eksis: Motivasi Dan Dampak Produksi Video Tiktok Pada Konten Kretor Mahasiswa

Yayan, 190305075 (2024) Berjoget Untuk Eksis: Motivasi Dan Dampak Produksi Video Tiktok Pada Konten Kretor Mahasiswa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Berjoget Untuk Eksis: Motivasi Dan Dampak Produksi Video Tiktok Pada Konten Kretor Mahasiswa] Text (Berjoget Untuk Eksis: Motivasi Dan Dampak Produksi Video Tiktok Pada Konten Kretor Mahasiswa)
Yayan, 190305075, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan aplikasi TikTok dalam pembuatan konten joget oleh mahasiswa UIN Ar-Raniry. Dengan tujuan untuk memahami motivasi di balik pembuatan konten tersebut, mengkaji dampaknya pada mahasiswa sebagai pembuat konten, dan menjelaskan bagaimana fenomena ini berlangsung di kampus Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu untuk mengkaji fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa motivasi konten kreator UIN Ar-Raniry di TikTok melibatkan ekspresi diri, keinginan popularitas, partisipasi dalam tren, dan peluang monetisasi. Jenis tarian seperti "Jedag Jedug (JJ)," "Joget Tiba-Tiba Aku Melayang," "Joget Sound Don’t," dan "Korean Dance" mencerminkan tren media sosial. Dampak positifnya melibatkan peningkatan rasa percaya diri, popularitas, dan respons positif dari penonton, menegaskan peran signifikan TikTok dalam transformasi budaya digital dan pencapaian tujuan moneter di kalangan mahasiswa UIN Ar-Raniry.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Yayan Yayan
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:11
Last Modified: 05 Feb 2024 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35266

Actions (login required)

View Item
View Item