Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Investor Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Syari’ah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Muhammad Hazan, 180602144 (2023) Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Investor Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Syari’ah (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pasar Modal Syariah] Text (Pasar Modal Syariah)
Muhammad Hafzan, 186002144, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pasar modal syariah adalah suatu kegiatan ekonomi muamalah yang memperjualbelikan surat berharga yang menurut investasi syariah yaitu diantaranya adalah saham, obligasi syariah dan reksadana syariah. Pasar modal syariah dikembangkan dalam rangka mengakomodir kebutuhan umat Islam di Indonesia yang ingin melakukan investasi di produk-produk pasar modal yang sesuai dengan prinsip dasar syariah. Semenjak adanya pasar modal syariah minat untuk berinvestasi di kalangan masyarakat kian bertambah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari pengetahuan dan motivasi seorang investor terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan jenis data berupa data primer. Teknik analisis penelitian ini menjadikan SPSS sebagai aplikasi pengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Pengetahuan investasi secara parsial berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh; (2) Motivasi investasi secara parsial berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh; (3) Pengetahuan investasi dan motivasi investasi secara simultan berpengaruh terhadap minat berinvestasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Hafzan Hafzan
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:06
Last Modified: 05 Feb 2024 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35267

Actions (login required)

View Item
View Item