Pengembangan Media Kartu Lambang Bilangan Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Paya Dapur Kluet Timur

Feti Jannaty, 170210026 (2024) Pengembangan Media Kartu Lambang Bilangan Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Paya Dapur Kluet Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Kartu Lambang Bilangan  Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Paya Dapur Kluet Timur] Text (Pengembangan Media Kartu Lambang Bilangan Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Paya Dapur Kluet Timur)
Feti Jannaty, 170210026, FTK, PIAUD .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran selama ini masih menggunakan APE sehingga anak belum mampu untuk menyebutkan lambang bilangan, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan dan menggunakan lambang bilangan untuk menghitung. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui proses pengembangan media kartu lambang bilangan untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Paya Dapur Kluet Timur. (2) untuk mengetahui kelayakan media kartu lambang bilangan untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Paya Dapur Kluet Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media diperoleh persentase rata-rata 83% kategori sangat layak. Artinya media kartu lambang bilangan yang dikembangkan pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Paya Dapur Kluet Timur layak dijadikan sebagai media ajar untuk menstimulasikan kemampuan kognitif anak. Hasil uji validasi ahli materi diperoleh persentase rata-rata mencapai 80% termasuk kategori layak. Artinya materi yang disampaikan melalui penggunaan media kartu lambang bilangan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil analisis kelayakan melalui uji coba terbatas pada 10 anak diperoleh rata-rata 95% kategori sangat layak. Artinya kemampuan kognitif anak mampu berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Feti Jannaty
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:27
Last Modified: 05 Feb 2024 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35274

Actions (login required)

View Item
View Item