Kondisi Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Di Gampong Padang Baru Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya

Muhammad Nabawi, 180405008 (2024) Kondisi Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Di Gampong Padang Baru Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kondisi Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Di Gampong Padang Baru Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Kondisi Kesejahteraan Rumah Tangga Nelayan Di Gampong Padang Baru Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya)
Muhammad Nabawi, 180405008, FDK, PKS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Nelayan adalah masyarakat sangat bergantung pada sumber daya laut yang ada. Selain bergantung pada sumber daya laut, mereka juga bergantung pada kondisi alam, bahan bakar minyak, pendidikan, keterampilan dan juga pemilik kekayaan yang dimiliki, sehingga hal itu dapat menyebabkan hasil pendapatan yang diperoleh nelayan kurang maksimal otomatis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak maksimal dan membuat kondisi kesejahteraan rumah tangganya rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif, subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling, objek yang digunakan sebanyak 17 orang yaitu kepala desa, sekretaris desa, panglima laot, masyarakat nelayan menggunakan alat tangkap 7 orang dan masyarakat nelayan yang melakukan budidaya ikan dan udang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari wawancara dengan para nelayan yang ada di Gampong Padang Baru Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya menyatakan bahwa kondisi para nelayan dalam mewujudkan kesejahteraan rumah tangga pada umumnya para nelayan sudah mampu melakukan berbagai macam kegiatan demi terciptanya kesejahteraan rumah tangga yang dilihat dari penghasilannya tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan yang ada. Akan tetapi para nelayan juga mencari pekerjaan sampingan contohnya seperti bertani, buruh lepas dan berdagang. Adapun strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi arternatif usaha, anggota keluarga ikut bekerja, strategi penghematan, dan strategi jaringan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Kesejahteraan, Rumah Tangga Nelayan, Gampong Padang Baru
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > D3 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Nabawi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:28
Last Modified: 05 Feb 2024 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35275

Actions (login required)

View Item
View Item