Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Terhadap Siswa Mas Al-Ishlah Al-Aziziyah Lueng Bata Kota Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Gizi Dan Kesehatan

Aryediatami Naura Kamila Manik, 190207031 (2024) Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Terhadap Siswa Mas Al-Ishlah Al-Aziziyah Lueng Bata Kota Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Gizi Dan Kesehatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Terhadap Siswa Mas Al-Ishlah Al-Aziziyah Lueng Bata Kota Banda Aceh Sebagai  Referensi Mata Kuliah  Gizi Dan Kesehatan] Text (Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Terhadap Siswa Mas Al-Ishlah Al-Aziziyah Lueng Bata Kota Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Gizi Dan Kesehatan)
Aryediatami Naura Kamila Manik, 190207031, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pola makan berpengaruh terhadap kejadian gastritis, pola makan yang buruk dapat mengakibatkan terjadinya gastritis. Kendala yang dialami oleh siswa yaitu kurang paham terkait pengelolaan pola makan sehari-hari. Sehingga perlu adanya referensi pendukung terkait pola makan dan gastritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi frekuensi mengait pola makan menu makanan, waktu makan dan porsi makan siswa, mengetahui jumlah siswa MAS Al-Ishlah Al-Aziziyah yang mengalami kejadian gastritis, mengidentifkasi hubungan pola makan dengan kejadian gastritis pada siswa dan menguji kelayakan e-modul yang dihasilkan pada penelitian ini sebagai referensi mata kuliah gizi dan kesehatan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif, menggunakan metode deskriptif korelasional. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Penelitian ini menggunakan data primer untuk melihat hubungan pola makan dengan kejadian gastritis terhadap siswa MAS Al-Islah Al-aziziyah Lueng Bata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 22 responden (68,8%) dengan pola makan buruk gastritis dan pola makan baik 3 responden (37,5%) gastritis. Sedangkan dengan pola makan buruk tidak gastritis 10 responden (31,2%) dan 5 responden (62,5%) tidak gastritis. Hasil uji statistik didapatkan nilai p- value 0,102 >α = 0,05 yang artinya tidak terdapat hubungan antara pola makan dengan kejadian gastritis di MAS Al-Ishlah Al-Aziziyah. Hasil uji kelayakan media e-modul pola makan dan gastritis memperoleh hasil 77% dengan kategori layak. Hasil uji kelayakan materi e-modul pola makan dan gastritis memperoleh hasil 80% dengan kategori sangat layak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media berupa e-modul terkait pola makan dan gastritis layak untuk digunakan sebagai referensi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gizi dan Kesehatan, Siswa MAS Al-Ishlah Al-Aziziyah, Pola Makan, Gastritis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Aryediatami Naura Kamila Manik
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:22
Last Modified: 05 Feb 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35278

Actions (login required)

View Item
View Item