Perancangan Media Pembelajaran Tematik Tema Energi Dan Perubahannya Untuk Siswa Kelas 3 SD Negeri 68 Banda Aceh

Susi Susanti, 190212029 (2024) Perancangan Media Pembelajaran Tematik Tema Energi Dan Perubahannya Untuk Siswa Kelas 3 SD Negeri 68 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Tematik Tema Energi Dan Perubahannya Untuk Siswa Kelas 3 SD Negeri 68 Banda Aceh] Text (Perancangan Media Pembelajaran Tematik Tema Energi Dan Perubahannya Untuk Siswa Kelas 3 SD Negeri 68 Banda Aceh)
Susi Susanti, 190212029, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri 68 Banda Aceh terlihat bahwa kemajuan teknologi belum maksimal dimanfaatkan khususnya dalam pembelajaran tematik tema energi dan perubahannya yang menyebabkan siswa kurang aktif dan tertarik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran tematik tema energi dan perubahannya serta mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi untuk menilai tingkat kelayakan dan lembar angket untuk mengetahui respon siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (research and development). Penelitian dimulai dari tahap analisis kebutuhan, perencanaan, desain produk, revisi produk, validasi produk, pembuatan produk, uji coba, pembagian angket, dan analisis hasil produk. Media pembelajaran ini telah divalidasi oleh dua validator ahli media dan satu validator ahli materi. Hasil validasi ahli media dan ahli materi memperoleh persentase sebesar 93,85% dan 91,67% yang dikategorikan sangat layak. Respon siswa terhadap media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 80,42% yang dikategorikan sangat setuju.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Susi Susanti
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:33
Last Modified: 05 Feb 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35280

Actions (login required)

View Item
View Item