Pengembangan Media Pembelajaran Video Pembelajaran Musik Akapela Pada Materi Kimia Unsur di MAN 6 Aceh Besar

Tika Irma Desita, 190208007 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Video Pembelajaran Musik Akapela Pada Materi Kimia Unsur di MAN 6 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Media Video Musik Akapela] Text (Media Video Musik Akapela)
Tika Irma Desita (190208007) ACC rev sida (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Tika Irma Desita
NIM : 190208007
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan
Judul Skripsi : Pengembangan Media Pembelajaran Video Pembelajaran Musik Akapela Dalam Materi Kimia Unsur di MAN 6
Aceh Besar
Tebal Skripsi : 98 Halaman
Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd
Pembimbing II : Noviza Rizkia, M.Pd
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Musik,
Akapela, Kimia Unsur


Penelitian ini dilakukan di MAN 6 Aceh besar, dengan dilatarbelakangi permasalahan, bahwa guru belum mengembangkan media pembelajaran video musik akapela pada materi kimia unsur, guru biasanya menggunakan media
berbasis power point, serta kurangnya minat belajar peserta didik pada pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan media pembelajaran video musik akapela, serta melihat respon peserta didik terhadap
media yang telah dikembangkan. Responden pada penelitian ini sebanyak 30 orang peserta didik kelas XII MIA 1, pengambilan sampel yang digunakan peneliti yaitu teknik simple random sampling (acak). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan desain model ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation and Evaluation).
Instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa, lembar angket analisis kebutuhan guru dan peserta didik, lembar validasi yang digunakan untuk mengukur validitas media yang dikembangkan dan lembar angket respon
peserta didik, untuk melihat tanggapan tentang media yang telah dikembangkan.
Analisis data untuk analisis kebutuhan, validasi ahli dan angket respon peserta didik dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data oleh ketiga validator diperoleh rata-rata keseluruhan persentase sebanyak 81 % dengan kategori “sangat layak”. Hasil analisis data rata-rata persentase keseluruhan respon peserta didik sebanyak 99,4 % dengan kategori “sangat tertarik”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Tika Irma Desita Tika
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:26
Last Modified: 06 Feb 2024 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35281

Actions (login required)

View Item
View Item