Peran Teungku Dayah Raudhatul Qur'an dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Melalui Kegiatan Muhadharah

Zulkifli Manik, 190201159 (2024) Peran Teungku Dayah Raudhatul Qur'an dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Melalui Kegiatan Muhadharah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Teungku Dayah Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Santri] Text (Peran Teungku Dayah Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Santri)
Zulkifli Manik, 190201159.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Karakter percaya diri sangat penting untuk dimiliki oleh sorang santri. Karakter percaya diri sangat dibutuhkan untuk mengatasi rasa ragu dan cemas. Untuk memperoleh itu maka diperlukan pembinaan secara Kontiniyu dalam sebuah wadah yaitu kegiatan Muhadharah. Peran Teungku dalam membentuk Karakter percaya diri Santri melalui kegiatan Muhadharah sangatlah dibutuhkan. Masalah dalam penelitian ini Yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan Muhadharah di Dayah Raudhatul Qur’an?; 2) Bagaimana peran Teungku Dayah Raudhatul Qur’an dalam Membentuk Karakter Percaya diri melalui kegiatan Muhadharah?; 3) Apa faktor penghambat dan pendukung kegiatan Muhadharah terhadap pembentukkan karakter percaya diri di Dayah Raudhatul Qur’an?. Metodologi yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu kualitatif deskriftif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama pelaksanaan kegiatan Muhadharah dilaksanakan setiap malam minggu pada pukul 21.00 sampai dengan selesai seluruh rangkaian acara. Pada pelaksanaannya petugas Muhadharah dibagi menjadi tujuh, yaitu MC, Pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan Selawat Badar, khutbah Jum’at, ceramah agama, Tajyiz mayit dan penutup. Kedua, peran Teungku dalam membentuk karakter percaya diri yaitu menjadi contoh bagi santri, memberikan bimbingan, memberikan dukungan dan motivasi. Ketiga, faktor yang manjadi penghambat adalah kurangnya kesadaran santri akan manfaat kegiatan Muhadharah dan kurangnya dukungan dari teman. Dan faktor yang menjadi pendukung ialah fasilitas yang ada dan pengetahuan santri sehingga dapat membantu kegiatan Muhadharah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulkifli Manik
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:56
Last Modified: 05 Feb 2024 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35282

Actions (login required)

View Item
View Item