Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menguasai Metode Pembelajaran Di SDN Trans Despot Leungah Aceh Besar

Sulhan Yus, 190201164 (2024) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menguasai Metode Pembelajaran Di SDN Trans Despot Leungah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang kompetensi profesional guru PAI dalam menguasai metode pembelajaran] Text (membahas tentang kompetensi profesional guru PAI dalam menguasai metode pembelajaran)
Sulhan Yus, 190201164, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam menguasai metode pembelajaran adalah kemampuan seorang guru dalam menguasai dan mampu mempraktekkan macam-macam metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang sesuai dengan materi ajar dan karakteristik murid. Guru Pendidikan Agama Islam di SDN Trans Despot Leungah belum sepenuhnya menguasai kompetensi profesional dalam menguasai metode pembelajaran, ditambah lagi ketidaktersediaan sumber belajar yang layak dan memadai sehingga membuat proses pembelajaran tidak dapat dijalankan dengan baik serta berdampak pada hasil pembelajaran yang tidak efektif, sehingga perlu dikaji lebih lanjut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam menguasai metode pembelajaran dan solusi untuk meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam menguasai metode pembelajaran. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan ialah: kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam menguasai metode pembalajaran di SDN Trans Despot Leungah masih kurang baik, karena masih ada guru Pendidikan Agama Islam yang belum memiliki sertifikat pendidik dan belum menguasai metode-metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Solusi untuk meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam menguasai metode pembelajaran adalah dengan mendorong guru Pendidikan Agama Islam untuk mengikuti diklat-diklat nasional yang mengusung tema pengembangan kompetensi profesional guru atau pengembangan metode ajar dan ketersediaan sumber belajar seperti buku pegangan untuk murid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sulhan Yus
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:32
Last Modified: 06 Feb 2024 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35289

Actions (login required)

View Item
View Item