Evaluasi Kegiatan Pelestarian Arsip Statis Tekstual Berdasarkan Peraturan Kepala Anri Nomor 23 Tahun 2011 Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Nazira Wardah Tarmizi, 180503103 (2024) Evaluasi Kegiatan Pelestarian Arsip Statis Tekstual Berdasarkan Peraturan Kepala Anri Nomor 23 Tahun 2011 Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Evaluasi Kegiatan Pelestarian Arsip Statis Tekstual Berdasarkan Peraturan Kepala Anri Nomor 23 Tahun 2011 Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh] Text (Evaluasi Kegiatan Pelestarian Arsip Statis Tekstual Berdasarkan Peraturan Kepala Anri Nomor 23 Tahun 2011 Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Nazira Wardah Tarmizi, 180503103, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Evaluasi Kegiatan Pelestarian Arsip Statis Tekstual berdasarkan Peraturan Kepala Anri Nomor 23 Tahun 2011 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pelestarian arsip statis tekstual berdasarkan Peraturan Kepala ANRI No. 23 Tahun 2011 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dan mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses pelestarian. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pelestarian arsip statis tekstual di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dilaksanakan dalam bentuk preservasi preventif dan preservasi kuratif. Berdasarkan peraturan kepala ANRI No. 23 tahun 2011 preservasi preventif, meliputi penyimpanan arsip, penanganan arsip, pengendalian hama terpadu, akses, reproduksi, dan perencanaan menghadapi bencana, sedangkan preservasi kuratif, meliputi prinsip perbaikan arsip, ruangan perbaikan arsip, perawatan arsip yaitu arsip kertas serta pengendalian hama. Pelaksanaan kegiatan pelestarian arsip statis tekstual di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh sudah sesuai berdasarkan peraturan kepala ANRI no. 23 tahun 2011, namun dalam perencanaan menghadapi bencana belum sesuai. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh hanya melakukan pencegahan dan persiapan bagian tempat penyimpanan arsip statis di lantai atas dengan ruang yang digunakan berbahan dari besi dan aluminium. Meskipun demikian, kegiatan yang belum terealisasikan dengan sempurna, tetap terlaksana sesuai dengan anggaran yang ada dan dilakukan dengan baik. Kendala yang dihadapi pada kegiatan pelestarian arsip statis tekstual di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh adalah kurangnya segi pendanaan guna menunjang kelengkapan sarana dan prasarana sehingga kegiatan pelestarian menjadi kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nazira Wardah Tarmizi
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:15
Last Modified: 06 Feb 2024 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35295

Actions (login required)

View Item
View Item