Perancangan Video Animasi Matematika Operasi Bilangan Bulat Positif Dan Negatif Di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh

Intan Humaira, 190212011 (2024) Perancangan Video Animasi Matematika Operasi Bilangan Bulat Positif Dan Negatif Di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perancangan Video Animasi Matematika Operasi Bilangan Bulat Positif Dan Negatif  Di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh] Text (Perancangan Video Animasi Matematika Operasi Bilangan Bulat Positif Dan Negatif Di MTsS Ulumul Quran Banda Aceh)
Intan Humaira, 190212011, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Rasa bosan menjadi suatu hambatan dalam proses pembelajaran Matematika. Banyak siswa yang berasumsi bahwa matematika itu merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Untuk memberikan solusi dari masalah tersebut guru membutuhkan media pembelajaran berupa video animasi yang menarik sehingga siswa merasa tertarik untuk memperhatikan serta dengan adanya video pembelajaran tersebut diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Desain yang menarik dan sesuai tema dapat dibuat pada Animaker. Pendekatan pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi produk dan lembar uji kepraktisan produk serta analisis data ini bersifat statistic. Penelitian ini menggunakan model 4D (four d). Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Namun, pada penelitian ini peneliti hanya menggunakan 3 tahap saja yaitu Define,Design dan Develop. Persentase respon siswa memberikan informasi tentang kepraktisan video tersebut. Berdasarkan hasil uji coba, persentase kevalidan video yang diberikan oleh ahli media sebesar 90%, ahli materi 87% dan kepraktisan siswa 97%, guru 96% menunjukkan bahwa video animasi Matematika materi operasi bilangan bulat positif dan negatif ini mendapatkan kategori “Sangat Valid Dan Praktis Sekali”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Intan Humaira
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:07
Last Modified: 06 Feb 2024 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35298

Actions (login required)

View Item
View Item