Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Pengembangan Produk UMKM Kue Bhoi Aceh Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Gampong Blang Krueng Seumideun Kabupaten Pidie)

Riza Nazila, 190602121 (2023) Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Pengembangan Produk UMKM Kue Bhoi Aceh Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Gampong Blang Krueng Seumideun Kabupaten Pidie). Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kue Bhoi, UMKM, Ekonomi Islam] Text (Kue Bhoi, UMKM, Ekonomi Islam)
Riza Nazila, 190602121, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Di dalam Penelitian ini, Upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan produk UMKM Kue Bhoi Aceh mengalami kenaikan dan penurunan yang signifikan pada usaha tersebut. Penelitian ini dilakukan pada salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Gampong Blang Krueng Seumideun, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie, Aceh. Usaha Kue Bhoi ini sudah berjalan sekitar 13 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan produk UMKM Kue Bhoi Aceh di Gampong Blang Krueng Seumideun, Kabupaten Pidie. Adapun jenis pendekatan yang di gunakan yaitu Pendekatan Kualitatif Deskriptif, dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara pada 12 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usaha Kue Bhoi Aceh memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja, dan meningkatnya pendapatan masyarakat setempat. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, pemilik usaha telah mengambil langkah-langkah strategis seperti pengembangan kapasitas, tenaga kerja, manajemen keluarga yang efektif, perencanaan yang matang, semangat, dan disiplin, serta ekspansi pasar melalui media sosial. Selain itu, prinsip-prinsip Ekonomi Islam, seperti keadilan, kejujuran, dan pemberdayaan masyarakat, turut menjadi landasan dalam mengembangkan produk UMKM Kue Bhoi Aceh di Gampong Blang Krueng Seumideun, Kabupaten Pidie

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Riza Nazila Nazila
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:49
Last Modified: 06 Feb 2024 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35299

Actions (login required)

View Item
View Item