Analisis Pemenuhan Hak Jaminan Bagi Tenaga Kerja Yang Telah Di PHK Ditinjau Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan(Studi Kasus di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar)

Sila Yuliana Maysa, 190106013 (2024) Analisis Pemenuhan Hak Jaminan Bagi Tenaga Kerja Yang Telah Di PHK Ditinjau Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan(Studi Kasus di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pemenuhan Hak Jaminan Bagi Tenaga Kerja Yang Telah Di Phk Ditinjau Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (Studi Kasus di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar)] Text (Analisis Pemenuhan Hak Jaminan Bagi Tenaga Kerja Yang Telah Di Phk Ditinjau Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (Studi Kasus di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar))
Sila Yuliana Maysa, 190106013, FSH, IH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kasus pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaan banyak yang tidak mendapatkan jaminan sosial. Ini tidak sejalan dengan Peraturan Pemerintah Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Masalah penelitian yang diangkat ialah Pertama, bagaimana pemenuhan hak jaminan sosial bagi tenaga kerja yang di PHK di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dilihat menurut Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021?, Kedua, bagaimana tinjauan asas keadilan hukum terhadap pemenuhan hak jaminan kehilangan pekerjaan bagi tenaga kerja di PHK di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar?. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian yuridis empiris, menggunakan pendekatan conceptual approach. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pertama, pemenuhan hak jaminan sosial bagi tenaga kerja yang telah di PHK menurut Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021 adalah setiap pekerja wajib diberikan hak jaminan sosial berupa manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja. Akan tetapi, hak jaminan sosial tersebut tidak dipenuhi oleh beberapa perusahan yang ada di Kota Banda Aceh. Tidak terpenuhinya jaminan sosial tersebut dikarenakan perusahaan tidak mengikutsertakan pekerja dalam program JKP. Kedua, Asas keadilan hukum dalam pemenuhan jaminan sosial terhadap tenaga kerja yang mengalami PHK dalam bentuk Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) adalah bagian dari upaya mewujudkan keadilan hukum bagi pekerja. Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Tenaga Kerja memberikan sanksi pada perusahaan yang tidak memenuhi hak pekerja dalam bentuk sanksi administrasi berupa teguran tertulis ataupun sanksi tidak mendapatkan layanan publik sebagaimana diatur dalam pasal 46 Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2021.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan, Hak Jaminan, Tenaga Kerja.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Sila Yuliana Maysa
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:16
Last Modified: 06 Feb 2024 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35300

Actions (login required)

View Item
View Item